KPU Lombok Timur,Tetapkan 50 Orang Yang Mengisi Kursi DPRD II Lotim Masa Bakti 2019 – 2024.

Sinarlimanews.com, Selong – Rapat Pleno Terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur pada pemilihan umum 2019 telah berlangsung di aula Kantor Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Lombok Timur,Senin(12/08/2019).

Ketua KPU Lombok Timur Dr.M.Junaidi dalam kata pembukaan pada Rapat Pleno tersebut mengatakan rapat pleno akan menetapkan perolehan kursi dari masing-masing partai.

“Rapat pada hari memiliki dua agenda, yang pertama adalah penetapan perolehan kursi kemudian agenda yang kedua penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur pada pemilu tahun 2019.” Terang M.Junaidi.

Ketua KPU Lotim juga menambahkan yang menjadi dasar hukum rapat pleno tersebut adalah Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2019 tentang penetapan pasangan calon terpilih,Penetapan Perolehan Kursi dan penetapan Calon terpili dalam Pemilihan Umum.

Dasar hukum yang kedua Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2019 tentang perubahan kelima atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan,program,dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan umum yang menjadwalkan penetapan perolehan kursi dari calon terpilih Anggota DPRD Provinsi/DPR Aceh dan DPRD Kabupaten/Kota paling lama 5(lima) hari setelah salinan penetapan atau Putusan Mahkamah konstitusi diterima oleh KPU.

Baca Juga : H.M.Sukiman Azmy : Generasi Muda Diharapkan Tauladani Semangat Perjuangan Veteran.

TGB (Tuan Guru Bajang) Dr.TGH.M.Zainul Majdi,MA. Jadi Imam Sholat Idul Adha Di Masjid DPP Golkar. 

Sebagaimana diketahui DPRD Kabupaten Lombok Timur memiliki 50 kursi Dewan yang diperebutkan pada 5(lima) Dapil(Daerah Pemilihan). Alokasi kursi terdiri dari 10 Kursi di Dapil I,12 Kursi di Dapil II,8 Kursi di Dapil III,10 Kursi di Dapil IV dan 10 Kursi di Dapil V.
Dari 17(tujuh belas) Partai Politik yang ikut dalam kontestasi Pemilu 2019 ini perolehan kursi dari masing-masing Partai tidak ada yang dominan.

Diantaranya Partai Kebangkitan Bangsa(PKB) memperoleh 5 Kursi, Partai Gerindra memperoleh 5 Kursi, Partai PDI-P dapat 4 kursi, Partai Golkar 5 Kursi, Partai Nasdem 4 Kursi,PKS dapat 5 Kursi, PPP dapat 5 Kursi, PAN 5 Kursi, Partai Demokrat 5 Kursi, PBB mendapat 3 Kursi,Partai Hanura 3 Kursi,PKPI dapat 1 kursi dan Partai Berkarya memperoleh 1Kursi.

Setelah dilakukan pleno penetapan jumlah perolehan kursi masing-masing partai dan ditetapkannya nama-nama anggota DPR Kabupaten Lombok Timur yang baru masa bakti 2019 – 2024. Acara dilanjutkan dengan penanda tanganan berita acara Nomor : 79/PL.01.9-BA/5203/KPU.Kab/VIII/2019 Tentang Penetapan Perolehan kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lombok Timur,Pemilihan Umum Tahun 2019.

Penanda tanganan berita acara dilakukan oleh Ketua KPU Lombok Timur bersama dengan Kepala – Kepala Bidang pada KPU Lombok Timur dan juga ditandatangani oleh Pimpinan Partai Politik yang menang dalam Pemilu 2019.

Setelah dilakukan penanda tanganan berita acara selanjutnya diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Lombok Timur yang diterima oleh Sekda Kabupaten Lombok Timur Drs.H.Rachman Farly dan salinan berita acara juga diserahkan kepada Ketua Partai yang berhasil mendudukkan kadernya di kursi Dewan masa bakti 2019 – 2024.

Turut hadir dalam acara rapat pleno tersebut Bupati yang diwakili oleh Sekda Pemkab. Lombok Timur,Pejabat Polres Lombok Timur,Dandim 1615,Kejaksaan Negeri Selong,Bawaslu,Ketua-Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan(PPK) se Kabupaten Lombok Timur dan lainnya.(Bul).

Galery

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *