KPU Lotim : Enam Partai Peroleh Kursi Sama. Untuk Tentukan Peringkat di Hitung Dari Akumulasi Suara Sah.

Sinarlimanews.com, Selong – Setelah penetapan perolehan kursi masing-masing Partai dan penetapan Anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur yang terpilih pada Pemilu 2019 muncul perolehan kursi yang sama dari 6(enam) Partai karena masing-masing dari 6 Partai itu memperoleh 5(lima) Kursi.

Enam partai yang memperoleh kursi yang diantaranya,Partai Golongan Karya(Golkar), Partai Geraakan Indonesia Raya(Gerindra),Partai Keadilan Sejahtera(PKS),Partai Persatuan Pembangunan(PPP),Partai Amanat Nasional(PAN) dan Partai Demokrat.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU) Lombok Timur Dr.M.junaidi untuk menentukan peringkat dari ke enam partai yang perolehan kursinya sama,akan dilihat dari jumlah suara yang diperoleh oleh masing-masing partai tersebut.

“Ini kalu kita lihat ka nada ada enam partai yang perolehan kursinya sama,tentu satu-satunya cara untuk menentukan peringkat yaitu dengan melihat akumulasi suara sahnya”. Terang Junaidi.

Junaidi juga menambahkan tahapan berikutnya setelah dilakukan rekapitulasi suara sah untuk perolehan kursi,maka karena ada partai yang peolehan kursi yang sama,maka akan dilakukan penghitungan atau rekapitulasi suara sah Partai.

“Ini kan kita sudah menyelesaikan tahapan penghitungan untuk perolehan kursi partai,maka berikutnya kami akan hitung akumulasi suara sah partai untuk menentukan peringkat dari partai yang perolehan kursinya sama. Jadi kami tidak bisa menentukan peringkat dari jumlah suara yang diperoleh saat penghitungan untuk perolehan kursi,” Ungkapnya.

Ditanya soal kapan pelantikan Anggota DPRD kabupaten Lombok Timur yang baru dengan masa bakti 2019 – 2024. Ketua KPU Lombok timur mengatakan kalau soal hari dan tanggal pelantikan itu wewenang dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur.(Bul).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *