Tahukah anda Ni’mat yang sering terlupakan dari kita?

Ada ni’mat yang sering terlupakan, bahkan diabaikan dalam hidup dan kehidupan ini. Padahal tampa adanya ni’mat itu rasanya yang lain akan sangat sulit, bahkan tidak mungkin terlaksana. Karena ni’mat tersebut adalah pemberian yang sangat asasi dari Allah pencipta alam ini. Terlupakannya bukan karena saking sulit untuk didapatkan dan bukan pula karena tidak nampak oleh mata, akan tetapi saking dekat dan nampaknya menjadi penyebab sering terlupakan. Ada pepatah mengatakan “semut sebrang sana kelihatan oleh mata, sedangkan bulu mata yang nempel di sekitar mata tidak kelihatan.”

Kira-kira seperti itulah perumpamaan dari ni’mat hidup yang diberikan Allah kepada hambanya. Setiap hari hidup ini kita gunakan, namun sering terlupakan betapa besar peran dari hidup. Tanpa hidup, tidak ada satupun yang akan bisa terlaksana dan terealisasi. Lihatlah orang yang sudah meninggal, mata masih ada, kaki masih utuh, bahkan seluruh anggota badan masih sempurna. Akan tetapi karena ketiadaan ni’mat hidup menjadikan semuanya menjadi sia-sia, karena mengalami disfungsi.

Hidup adalah anugerah cuma-cuma dari Allah yang tidak pernah diminta sebelumnya oleh seorang hamba. Tidak pernah ada ceritanya ngorder supaya dihidupkan di dunia ini. Dengan rahmatnya kita semua ada dan hidup seperti sekarang ini, bisa makan, minum, berjalan, lari, dan lain sebagainya dari apa yang kita rasakan semasa hidup di dunia. Semuanya ini harus disyukuri dengan rasa rendah hati, karena malu terhadap anugrah limpahan rahmatnya yang begitu berlimpah.

Salah satu cara mensyukuri ni’mat hidup adalah tetap ingat bahwa ni’mat itu berasal dari Allah, serta merenungkan betapa besar perannya terhadap keberadaan dan keberlangsungan hidup manusia. Setelah memahami betapa besar nilai ni’mat hidup, lalu memfokuskan pandangan terhadap yang memberikan ni’mat, dan berterimakasih kepada Allah terhadap anugrah hidup yang diberikan kepada kita.

Ungkapan terimakasih bisa dengan membaca hamdalah, banyak berzikir kepada Allah, dan berusaha melaksanakan perintahnya. Semua itu adalah cara mensyukuri ni’mat pemberian yang maha kuasa. Supaya kelak ni’matnya terus berlimpah untuk kita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *